Mataram, LombokInsider.com – Festival Pesona Tambora (FPT) telah memasuki tahun yang keempat, hebatnya untuk 2018 even ini masuk dalam 100 Wonderful Event Kemenpar RI bersama dengan Festival Pesona Bau Nyale, Bulan Pesona Lombok Sumbawa dan Festival Moyo.

“Alhamdulillah selama 2 tahun berturut-turut ini dukungan dari 5 Kabupaten/Kota untuk Festival Pesona Tambora semakin solid. Tentunya hal ini suatu hal yang positif untuk kemajuan pariwisata di NTB,” kata Kadispar NTB, HL. Moh. Faozal, pada keterangan persnya, Selasa (20/3).

“Selain itu, yang pasti membanggakan tahun ini FPT masuk dalam 100 Wonderful Event Kemenpar RI. Ini artinya empat festival ini telah terseleksi oleh tim dari pusat sebagai even yang layak untuk didukung dari segi promosi dan manajemen even oleh pemerintah pusat,” ujar Faozal.

Rangkaian Acara FPT 2018

Faozal menjelaskan bahwa, seperti halnya penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, FPT 2018 ini akan diisi dengan berbagai rangkaian acara yang akan berlangsung mulai 1-11April mendatang, untuk menyemarakan peringatan dahsyatnya letusan Gunung Tambora 203 tahun yang silam, tepatnya pada 1815.

Dari barat Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akan dilaksanakan Tano Festival, yang merupakan rangkaian awal FPT 2018. KSB akan menjadi tuan rumah acara Barapan Kebo, Mantar Paragliding, Barapan Ayam, Tano Run dan Start Tambora Challenge 320 K, yang akan berlangsung pada 4-5 April.

Semalam di Dalam Loka, 6-7 April, yang berisikan Pentas Seni Tradisional, Pameran E-Kraf, Dialog Budaya dan Pameran Benda Pusaka Sejarah Sumbawa. Sementara Di Kabupaten Bima akan ada Teka Tambora 1-9 April, yang rangkaian acaranya antara lain, Sakosa Bike Tour, Jelajah Alam Tambora dan Dialog Kreatif Investasi dan Pariwisata diatas kapal perang TNI-AL.

Lawata Festival juga akan kembali digelar pada 8 April, dengan acara Festival Perahu Hias dan Lomba Dayung di Pantai Lawata Bima.

Fest in Fest Tambora akan berlangsung dari 1-10 April, gelaran acaranya adalah Pawai Budaya pada 4 April di Dompu, merupakan pawai yang mengangkat aneka ragam budaya Dompu yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat sekitar, sekaligus peringatan HUT Kabupaten Dompu.

Trail Adventure pada 7 April, Savana Doro Ncanga, akan menempuh rute yang ekstrem menuju Gunung Tambora, dengan peserta dari lokal NTB dan luar NTB. Cera Labu, 9 April di Desa Soro, Kempo, merupakan ritual yang ditujukan untuk memberikan makanan bagi keluarga mereka di laut.

Kemudian pada 10 April akan ada Festival Kuliner dan Tambora Coffee Festival, Festival Kuliner akan menghadirkan makanan khas Dompu yang berbahan dasar makanan laut. Sementara Tambora Coffee Festival menghadirkan kopi Tambora sebagai salah satu produk unggulan dengan cita rasa yang tak kalah sedap dengan jenis-jenis kopi unggulan dunia.

Indonesia Rider Jelajah Tambora juga bakal meriahkan FPT 2018 ini, bertemakan Explore The Amazing Tambora, sekitar 1500 rider motor 150cc keatas akan ikut serta dalam acara ini. Rencananya kegiatan ini akan mengambil start 9 April dari Lembar, kemudian Finish di Doro Ncanga, Dompu pada 11 April untuk mengikuti acara puncak FPT 2018.

Acara puncak FPT 2018 sendiri akan dirangkaikan dengan Tari Kolosal Nggahi Rawi Pahu, Lagu Tambora Menyapa Dunia, Navy Show Off, Penampilan Artis Ibukota dan Daerah, Kampung Kuliner, Pameran Industri Kreatif. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com