Mataram, LombokInsider.com – Sebagai wujud dari dukungan terhadap pariwisata di Indonesia, khususnya di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). PT. Bluebird Tbk meluncurkan taksi jenis MPV Toyota Avanza Transmover dengan 7 tempat duduk.

Hal ini ditegaskan Direktur Direktur PT. Bluebird Tbk, Andrianto Djokosoetono, saat peluncuran di kantor Bluebird Pool Lombok pada jum’at (1/3). “Ini merupakan komitmen kami untuk selalu mendukung pemerintah. Saat ini kami juga telah menjalin kerjasama dengan Kementrian Pariwisata untuk seluruh unit taksi yang ada di Indonesia, itu sebabnya ada stiker Wonderful Indonesia di setiap unit taksi kami,” jelas Andrianto.

Direktur PT. Bluebird Tbk Andrianto Djokosoetono, saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Andrianto Djokosoetono menegaskan jika managemen juga memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan hal tersebut. Ia menjelaskan, peningkatan SDM driver taksi juga akan menjadi program yang berkelanjutan dengan memanfaatkan fasilitas training yang ada dimasing-masing kantor Bluebird.

“Melihat perkembangan di kota lainnya di Indonesia, kehadiran transmover seperti ini cukup banyak diminati dan menguntungkan. Kita akan lihat perkembangannya kedepan akan disesuaikan dengan permintaan konsumen,” ujarnya.

Terkait peluncuran taksi 7 tempat duduk ini, menurut Andrianto sudah menjadi program nasional, hanya saja untuk Kota Mataram baru dilaunching 1 Maret ini, dengan jumlah unit terbatas hanya 25 unit.

Seperti diketahui, kendaraan “Multi Purpose Vehicle” (MPV) jenis Avanza Transmover MPV adalah klasifikasi mobil multi-fungsi yang dapat digunakan sebagai pengangkut penumpang sekaligus kendaraan pembawa barang. Penggunaan mobil jenis MPV sebagai armada taksi juga sudah diatur dalam Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi NTB tentang Angkutan Umum yang disahkan pada 2018.

Sementara, Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah dalam sambutanya sangat mengapresiasi kontribusi Bluebird dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen di NTB selama ini. Kehadiran Bluebird di NTB dinilai sudah membantu daerah dalam mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi melalui sarana transportasi.

Taksi jenis MPV Toyota Avanza Transmover dengan 7 tempat duduk.

“Saya jika ke kota-kota besar dan selalu menggunakan Taksi Bluebird dan tanya-tanya sama drivernya. Jadi driver taksi ini sekaligus juga sebagai guide bagi wisatawan yang datang, seharusnya mereka bisa memberikan penjelasan terhadap perkembangan ekonomi, pariwisata dan sosial kemasyarakatan di kota tersebut,” ungkap Umi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB ini.

Untuk itu, kehadiran dari taksi 7 tempat duduk itu diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Wagub mendorong agar perusahaan meningkatkan pemahaman kepada para driver tentang perkembangan daerah secara menyeluruh, terutama sektor pariwisata. Dengan demikian, para driver bisa menjadi sarana promosi daerah kepada wisatawan yang sedang berwisata ke NTB.

Peluncuran MPV Toyota Avanza Transmover ini dihadiri langsung Wakil Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah, Direktur PT. Bluebird Tbk Andrianto Djokosoetono, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windiya, PT. Jasaraharja, Organda NTB dan sejumlah mitra terkait. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com