Mataram, LombokInsider.com – Sebagai bagian dari dukungan terhadap kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gempa, Ikatan Motor Indonesia (IMI) menggelar Pesona Lombok Rally Wisata Nasional di pulau berjuluk Seribu Masjid, Lombok, NTB, pada Sabtu-Ahad, (24-25/11).

“Saat ini sport tourism telah menjadi tren dalam dunia bisnis otomotif. IMI mencoba mengakomodir hal itu, acara ini juga merupakan komitmen atau wujud dukungan kami terhadap kebangkitan pariwisata NTB yang sempat terpuruk, pasca gempa,” jelas M. Nurhaedin yang akrab disapa Edo.

Edo mengatakan bahwa ini merupakan kolaborasi IMI dan Dinas Pariwisata NTB, untuk dapat mendongkrak angka kunjungan wisata dan sekaligus membuktikan saat ini Lombok dan Sumbawa sudah aman untuk berwisata.

“Rally Wisata ini kami rancang bagi penggemar otomotif, para traveler dan pencita alam serat lingkungan wisata. Banyak tempat indah yang akan dilewati, start dilakukan di depan Hotel Montana Premier Senggigi, kemudian akan melalui tepian pantai menuju Lomok Utara, Lombok Tengah dan Kota Mataram,” katanya.

Selain melakukan rally, para peserta juga akan melakukan kegiatan sosial, dengan memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa yang dilintasi.

Rally ini terbagi menjadi 2 etape dan terdiri dari kelas professional dan amatir. Dikemas dalam bentuk fun rally yang mana secara tidak langsung peserta akan mengikuti kejuaraan nasional dengan teknik TIME Rally.

“Ini merupakan kali ketiga IMI melaksanakan Rally Wisata di Lombok, sebelumnya pada 2015, 2016 dan 2017. Karena dinilai sukses dan memuaskan maka panitia kembali memilih Lombok, sekaligus membantu pemulihan pariwisata Lombok dan Sumbawa pasca gempa, sehingga wisatawan yakin bahwa saat ini keadaan sudah kondusif,” tegas Ketua IMI NTB ini.

Edo menambahkan, “Peserta rally yang hadir akan bersaing ketat merebut posisi terdepan, antara lain dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jogjakarta, Bali, Kalsel, Kaltim dan juga Papua. Demikian juga ada 20 tim pemula asal NTB dari klub, komunitas, sponsor, instansi swasta yang ikut dalam kejuaraan kali ini,” ujarnya.

Rally wisata tahun ini juga akan dihadiri Sekjen IMI pusat, Jeffry JP, sekaligus sebagai peserta rally, untuk mengejar poin menjadi yang terbaik di musim Kejurnas TIME Rally 2018 yang terdiri dari 4 putaran ini.

Sementara Kadispar NTB, HL. Moh. Faozal juga memastikan bahwa hingga saat ini recovery pariwisata NTB sudah memasuki tahap akhir.

“Sudah berjalan hampir tiga bulan sejak September lalu, saat ini wisatawan mulai berdatangan, terutama untuk pelaksanaan MICE di Lombok, khususnya hotel-hotel di Kota Mataram,” ucapnya.

Namun menurutnya, untuk wilayah Senggigi dan Lombok Utara memang belum terlihat signifikan, oleh karenanya ia menyambut baik penyelenggaraan acara ini yang start dan finishnya dilakukan di daerah Senggigi.

“Intinya kami terus berusaha untuk segera memulihkan keadaan seperti semula, ini perlu waktu dan kerja keras kita bersama, baik pihak pemerintah, stakeholder pariwisata dan juga masyarakat serta rekan media sekalian,” tegasnya.

Sementara pihak Montana Premier Hotel sebagai hotel partner kegiatan ini mengungkapkan sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan yang mendukung kebangkitan pariwisata NTB pasca gempa.

“Kami bangga ikut terlibat dalam acara ini, sebagai hotel partner. Ini merupakan komitmen kami untuk selalu mendukung kegiatan yang berkaitan dengan NTB Bangkit. Sebelumnya Montana Hotel juga telah mengadakan Sepeda Wisata Nusatntara,” ungkap Binar Odi Alam, General Manager Montana Premier, Senggigi. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com