Mataram, LombokInsider.com – Lombok kembali mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally 2017, putaran III. Pada 2017 ini, ada 5 putaran yang telah ditetapkan dan NTB menjadi tuan rumah putaran III, setelah putaran I dan II dilaksanakan di Sulawesi dan Kalimantan Selatan. Gelaran acara ini rencananya akan dilaksanakan pada 26-27 Agustus mendatang.

Branding Mandalika

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, HL. Moh. Faozal menegaskan mengapa memilih Mandalika adalah karena saat ini Mandalika telah terpilih menjadi prioritas 3 besar destinasi bersama Toba dan Borobudur.

“Seperti diketahui bersama Mandalika saat ini masuk dalam 3 besar, destinasi prioritas yang sedang di branding Kemenpar RI bersama Toba dan Borobudur setelah sebelumnya Mandalika juga masuk dalam 10 destinasi unggulan,” tegas Faozal pada jumpa pers dikantornya, Kamis (24/8).

Selain itu menurut Faozal ini adalah momen yang tepat untuk mempromosikan Lombok sebagai salah satu tempat menarik dalam penyelenggaraan sport tourism. “Momennya tepat karena bersamaan dengan pelaksanaan Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) yang berlangsung sejak 18 Agustus – 16 September. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian BPLS 2017.

Kerjasama Pemprov dan IMI NTB

Faozal mengakui bahwa sinergitas yang dibangun pihaknya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB untuk memberikan dampak luas citra pariwisata NTB, baik di tingkat nasional bahkan internasional. “Tentu ini salah satu ikhtiar kita dalam meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke NTB. Semakin banyak even sport tourism, maka diharapkan semakin banyak wisatawan yang datang,” lanjut Faozal.

“Kegiatan Lombok Rally Wisata 2017 ini akan mencakup 4 hal mendasar, yakni peningkatan prestasi olahraga roda empat, kampanye keselamatan di jalan, promosi pariwisata dan juga kegiatan sosial,” kata Jeffrey JP, yang menjabat Sekjen IMI pusat. Jeffrey sangat bersyukur atas dukungan penuh dari pihak Pemprov NTB, dalam hal ini Dispar NTB dalam pelaksanaan kegiataan bertaraf nasional ini.

Senada dengan Sekjen IMI pusat, Ketua IMI NTB, Nur Haedin (Edo) menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemprov NTB, dukungan datang dari Dispar dan Dishub NTB, Ditlantas Polda, Angkasa Pura I (LIA) dan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan Prov NTB.

“Sesuai judulnya, selain meningkatkan prestasi, kejurnas kali ini menekankan pada kemampuan para peserta dalam memahami keselamatan berkendara di jalan, juga menambah wawasan mereka tentang destinasi wisata, kuliner dan budaya NTB, serta meningkatkan kepekaan sosial saat menyusuri jalan pedesaan yang dilaluinya,” ungkap Edo.

Keikutsertaan Atlet Nasional

Peserta kejurnas time rally juga akan mengikuti fun rally, yang akan menjadi ajang silaturrahim serta bertukar informasi dan meningkatkan pemahaman terhadap keselamatan di jalan, termasuk tertib berlalulintas. Sehingga dapat memberikan edukasi dan manfaat kepada peserta agar mampu berkendara aman dan nyaman, serta memberikan andil dalam menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan sambil meraih prestasi.

“Kejurnas Time Rally yang bertajuk Pesona Mandalika Lombok, Rally Wisata 2017 ini, diikuti oleh para pereli nasional sebanyak 75 tim, terdiri dari 250 orang atlet dari DKI Jakarta, Kalsel, Sumsel, Sulsel, Yogjakarta, Jateng, Jatim, Jambi, Bali dan tuan rumah NTB,” jelas Edo.

Sementara untuk fun rally, akan diikuti berbagai elemen termasuk dari pelaku pariwisata, akademisi, swasta, BUMN, TNI/Polri serta pelajar dan mahasiswa, dengan peserta sekitar 250 orang. Dalam rally ini akan digelar Kejurnas Time Rally, Seeded B Time Rally, Pemula Time Rally, dan Team Club IMI Provinsi, serta kejuaraan tambahan Pemula Lokal NTB dan Fun Rally.

Start dan Finish akan dilaksanakan di eks Bandara Selaparang Mataram, pada Sabtu (26/8), rencananya akan dilepas oleh Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com