Mataram, LombokInsider.com – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika saat ini semakin bernilai, ini disebabkan endorse (dukungan) promosi yang dilakukan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB), minggu lalu (19-20/10), melalui vlog.

Seperti diketahui Presiden Jokowi menyempatkan diri membuat vlog pribadinya di youtube bersama Gubernur NTB, M. Zainul Majdi, tentang keindahan Pantai Kuta, dimana KEK Mandalika berada. Vlog inilah yang banyak beredar di media sosial, sehingga menjadi endorse gratis bagi KEK Mandalika secara khusus dan pariwisata NTB pada umumnya.

Setelah vlog tersebut sempat menjadi viral di youtube, saat ini KEK Mandalika semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Hal ini tampak dari pantauan saat Dinas Pariwisata (Dispar) melakukan kunjungan bersama dengan peserta Rakor Tata Kelola Destinasi, Calender of Event dan Strategi Pemasaran 2018, pada Rabu (25/10) lalu.

“Ya kami penasaran dengan keindahan Pantai Kuta Mandalika Lombok ini, karena sempat heboh di youtube,” kata Ridwan seorang wisatawan nusantara asal Palembang yang sengaja datang ke Lombok bersama keluarganya. “Ternyata memang sangat indah,” imbuhnya.

Vlog berdurasi kurang lebih 1 menit 27 detik itu dibuka dengan gambar matahari terbit diunggah pada 20 Oktober 2017 itu sudah dilihat sebanyak 33 ribu kali lebih.

Video itu memperlihatkan keindahan panorama Mandalika secara umum diantaranya birunya air laut dengan hamparan pasir putih, peselancar yang menikmati ombak, langit biru, kapal yang merapat ke pantai, rumah-rumah masyarakat dengan arsitektur suku sasak, serta para penjual cenderamata.

“Hari ini saya berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Bersama saya bapak Gubernur NTB,” kata Presiden Jokowi berkemeja putih yang didampingi oleh Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi yang juga berkemeja putih dan berpeci hitam di pantai Kuta Mandalika.

“Terima kasih Pak Presiden, Welcome to Mandalika. Selamat datang. Mandalika sudah siap menyambut Anda, terima kasih Pak Presiden Assalamualaikum Warahmatulah Wabarakatuh,” jawab Zainul Majdi.

“Saya kira semuanya berharap seperti yang disampaikan Pak Gubernur. Rakyat bisa menikmati adanya investasi yang masuk dan dampak kesejahteraan itu akan kelihatan. Terima kasih Pak Gubernur,” tutup Presiden.

Bersamaan dengan kunjungan kerja tersebut, Presiden juga meresmikan fasilitas publik dan Masjid Nurul Bilad di KEK Mandalika yang rencananya akan menyerap 58 ribu tenaga kerja dan sudah menyerap investasi di sektor perhotelan hingga Rp13,1 triliun.

Terkait vlog ini, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, HL. Moh. Faozal mengatakan sangat bagus dampaknya. “Tentunya sangat menguntungkan kita di NTB, karena yang buat vlog ini Presiden Jokowi, jadi banyak yang tonton. Bahkan langsung viral, efeknya sangat positif bagi KEK Mandalika dan pariwisata NTB secara umum,” tegasnya.

Faozal berharap dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia dan dunia yang melihat vlog tentang keindahan KEK Mandalika ini, dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke NTB. “Pastinya meningkat, karena orang akan semakin penasaran akan keindahan daerah kita. Kami optimis angka 3,5 juta wisatawan di 2017 dan 4 juta pada 2018 akan tercapai,” pungkas Faozal. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com