Giri Menang, LombokInsider.com – Perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat, sangat membantu dan memudahkan kita untuk dapat mengetahui sesuatu yang indah dan menarik di suatu daerah, meski belum pernah kesana. Bukit Batu Idung, Gerung, Lombok Barat (Lobar), salah satu contohnya, setahun terakhir ini banyak menjadi pembicaraan, dengan banyaknya foto-foto tentang bukit ini di sosial media.

Lokasinya yang cukup dekat dengan Kota Mataram, tepatnya di Desa Giri Tembesi, Gerung, Lombok Barat, kurang lebih 20 kilometer, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit membuat destinasi ini mudah di jangkau sehingga begitu cepat mendapat respon positif di kalangan traveler, blogger dan penggemar sepeda gunung yang ada.

Disebut Bukit Batu Idung karena memang bentuknya mirip hidung manusia, jika dilihat dari kejauhan. Jalan menuju lokasi yang sudah mulai ditata cukup aman dan bersahabat, meski ada beberapa tanjakan yang cukup panjang, namun hanya beberapa meter saja.

Kemudian kita akan melewati jalan tanah dan hutan jati milik masyarakat setempat. Selain pohon jati, banyak juga pohon-pohon buah yang subur dan kabarnya bebas dipetik siapa saja. Trek ini juga sangat cocok bagi penghobi sepeda gunung untuk mencobanya, karena cukup menantang yang akan berakhir dengan pemandangan indah dari puncak bukit.

Dulunya bukit ini hanyalah tempat yang di gunakan sebagai tempat berkemahnya anak pramuka di Lombok Barat dan juga sebagai tempat mengembala kerbau oleh warga sekitar.

Keberadaannya yang belakangan menjadi buah bibir, berawal dari digunakannya lokasi ini sebagai tempat olahraga Paralayang di NTB. Sehingga jangan heran nama Bukit Batu Idung semakin dikenal, karena banyak orang yang terkesan dan selalu menyempatkan diri mengunggah hasil swafoto mereka di sosial media. Inilah salah satu cara cepatnya informasi menyebar tentang suatu destinasi wisata yang ada.

Satu hal yang unik dari bukit ini adalah jika kita telah sampai di puncaknya, akan dapat melihat indahnya pemandangan sudut Utara dan Selatan Lombok dan merasakan sejuknya udara sekitarnya.

Jika kita arahkan padangan ke Selatan, akan terlihat ramainya lalu lintas kapal di Pelabuhan Lembar. Sementara jika dari sisi Utara, kita akan menyaksikan betapa indahnya Kota Mataram, apalagi jika waktu menjelang senja, dimana lampu-lampu sudah mulai dinyalakan.

Bagi Anda yang merasa kelelahan atau kehausan setelah berjuang menuju puncaknya, jangan kuatir, karena lokasi wisata ini telah di lengkapi dengan gazebo dan juga beberapa warung.

“Enak disini, bisa foto-foto dengan latar belakang Pelabuhan Lembar atau Kota Mataram. Apalagi menjelang senja, sunsetnya juga indah, suasananya sejuk dan tenang juga tidak terlalu jauh,” ujar Vidia, salah seorang pengunjung Bukit Batu Idung. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com