Nihiwatu Resort, Sumba

TERBAIK INDONESIA. Di sinilah hotel Nihiwatu Resort berada di antara keindahan pantai dan pegunungan yang sepi dan alami di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Nihiwatu)

 

BAGIAN 1: PERTAMA MENGALAHKAN HOTEL-HOTEL DI BALI

LombokInsider.com – Penulis penasaran ketika membaca berita bahwa Nihiwatu Resort di Sumba dinobatkan menjadi hotel terbaik di Indonesia tahun 2016 oleh Majalah Travel + Leisure, New York. Namun, baru sekarang penulis sempat menggali informasi tentang hotel ini dan menyajikannya untuk pembaca. Meskipun, penulis masih penasaran ingin melihat langsung keindahan hotel ini suatu saat.

SEMPURNA. Keindahan yang alami dan menyatu dengan alam.

SEMPURNA. Keindahan yang alami dan menyatu dengan alam. (Foto: Nihiwatu Resort)

Menurut penulis Majalah Travel + Leisure, Flora Stubbs, hotel Nihiwatu yang dinobatkan sebagai Best Resort Hotels in Indonesia menyajikan semua keinginan pelancong yang datang ke Indonesia yakni sebuah pengalaman liburan pantai yang tidak biasa. Artinya harus ada matahari, pasir dan air. Namun, mereka juga mencari koneksi dengan budaya lokal dan rasa kekaguman. “Itu semua ada pada hotel Nihiwatu,” tulis Flora Stubbs.

Setiap tahun majalah Travel + Leisure mengadakan survei World’s Best Awards di mana majalah ini menanyai para pembacanya tentang pengalaman perjalanan mereka di seluruh dunia untuk berbagi pendapat mengenai hotel, resort, kota, pulau, kapal pesiar, spa, penerbangan dan lainnya. Pembaca menilai hotel atas dasar kamar dan fasilitasnya, lokasi, layanan, makanan dan minuman, dan nilai secara keseluruhan.

Selama bertahun-tahun, Bali telah mendominasi peringkat hotel terbaik di Indonesia dalam World’s Best Awards. Maka, baru pertama kalinya pemenang di luar Bali, yakni Nihiwatu, yang terletak di pulau Sumba yang tidak terlalu terkenal. “Ini menandakan adanya evolusi perjalanan tingkat tinggi ke seluruh pelosok kepulauan Indonesia dan juga semakin beraninya para pelancong,” kata Flora.

Menurut Flora, kemenangan Nihiwatu juga menunjukkan adanya tren yang lebih luas lagi yakni munculnya hotel-hotel yang sangat kelas tinggi, berdampak rendah yang menjadi destinasi khusus. Sebagai satu-satunya resort yang mapan di pulau yang luasnya dua kali Bali, Nihiwatu mulai dibangun pada 1988 oleh peselancar Jerman dan isterinya dengan 10 kamar untuk peselancar. Pada 2001, hotel ini dibeli pengusaha Amerika Serikat Chris Burch dan hotel dibuka untuk umum.

Sejak itu, fasilitas di Nihiwatu telah berubah menjadi hotel mewah dengan 9 vila dan 13 kamar baru, juga restoran di pantai, serta spa di rumah pohon. Namun prinsip-prinsip pembangunan hotel ini tetap sama yakni hubungan yang kuat dengan masyarakat lokal, dan sesedikit mungkin cetak tapak pada ekonoli Sumba. (Bersambung)

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono