Jembatan Gantung China1

LombokInsider.com – China sepertinya tidak berhenti menggemparkan dunia dengan capaian teknologi dan ekonominya. Pun kini China juga terus mencengangkan dunia dengan atraksi-atraksi pariwisatanya. Kali ini China menjadi perhatian dunia dengan dibukanya jembatan lantai kaca tertinggi dan terpanjang di dunia. Jembatan ini membuat orang yang melewatinya berkeringat dingin, lutut gemetar dan perut terasa teraduk-aduk. Demikian dilaporkan oleh CNN pada 22 Agustus.

Ribuan pengunjung telah berusaha menguatkan dirinya untuk berjalan menyeberangi bangunan yang baru dibuka yang membentang di sepanjang Ngarai Besar Zhangjiajie di Provinsi Hunan, China.

TERPANJANG. Jembatan sepanjang 430 m ini menghubungkan dua tebing di atas ngarai sedalam 300 meter.  (Foto: CNN)

TERPANJANG. Jembatan sepanjang 430 m ini menghubungkan dua tebing di atas ngarai sedalam 300 meter. (Foto: CNN)

Jembatan selebar enam meter ini membentang sepanjang 430 m di atas lembah sedalam 300 meter di antara dua tebing di Taman Zhangjiajie Park yang indah. Dikatakan, jembatan ini dibangun dengan inspirasi dari film fiksi ilmiah “Avatar.”

Dirancang oleh arsitek Israel Haim Dotan, jembatan berlantai kaca ini juga akan menyajikan lompat tali (bungee jump) tertinggi dunia dan digunakan sebagai landasan untuk peragaan busana.

Pengunjung dilaporkan telah mengantre berjam-jam untuk bisa melintasi jembatan ii, namun meskipun jembatan ini bisa menampung 800 orang bersamaan, akses dibatasi hanya untuk 8.000 orang per hari.

Para pejabat berwenang telah bekerja keras untuk meyakinkan keamanan jembatan dengan mengundang wartawan untuk memukul pada lantai kaca yang tebal tersebut. Dalam peragaan lainnya, sebuah mobil dikendarai di atas jembatan ini.

Insiden Menakutkan

MENGERIKAN. Meski mengerikan, pengunjung tetap saja berfoto ria di atas jembatan ini. (Foto: CNN)

MENGERIKAN. Meski mengerikan, pengunjung tetap saja berfoto ria di atas jembatan ini. (Foto: CNN)

Memang orang patut merasa takut. Sebuah insiden pada Oktober tahun lalu, ketika terjadi retakan pada jembatan lantai kaca di Taman Yuntaishan di provinsi Henan, hanya dua minggu setelah jembatan itu dibuka. Akibatnya pengunjung berlarian dan berteriak panik, meskipun petugas taman mengatakan bahwa retakan tersebut hanya pada bagian luar dan tidak menimbulkan bahaya apapun.

Jembatan Zhangjiajie merupakan salah satu atraksi wisata jembatan lantai kaca yang telah mengundang banyak pengunjung dari China dan seluruh dunia.

Di Zhangjiajie juga ada titian gantung berlantai kaca sepanjang 100 meter yang membentang sekitar tebing di taman Gunung Tianmen Mountain yang dibuka Agustus tahun ini.

About Author: Kasan Mulyono
Writer. Lecturer. Ph.D in Economics. Mine worker. PR veteran. Casual cyclist. Father of 4. Husband to Kartina. Moslem. Lives in Lombok & West Sumbawa, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: KasanMulyono2015 Email: k_mulyono@yahoo.com Twitter: KasanMulyono Instagram: KasanMulyono