Mataram, LombokInsider.com – Sambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, asosiasi pelaku pariwisata perhotelan yang tergabung dalam Indonesian House Keeping Association (IHKA) bersama dengan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), Asosiasi Hotel Mataram (AHM) dan Association Chief Enginering (ACE) serta vendor-vendor hotel yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) bersinergi membersihkan masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, Mataram-Lombok, pada Sabtu (13/4).

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang berkesempatan hadir memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini.

“Ini luar biasa, kami sangat berterima kasih kepada pihak asosiasi perhotelan yang terlibat, semoga hal baik ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata Gubernur yang hadir bersama istri.

“Semangatnya itu, hari ini kami dari IHKA bersama dengan IHGMA, AHM, ACE dan juga beberapa vendor hotel menghadirkan standar kebersihan yang ada di hotel ke tempat-tempat ibadah dan umum. Ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan seperti tahun-tahun yang lalu,” jelas Emil Jehabut, Sekretaris IHKA NTB.

Tidak hanya di Islamic Center, menurutnya selanjutnya akan ada juga program membersihkan gereja jelang Paskah tahun ini. “Tidak hanya masjid, kami juga akan membersihkan Gereja Katholik Imakulata, jelang paskah nanti,” ujar Emil, yang bekerja di Lombok Astoria Hotel.

Lebih lanjut Emil mengatakan bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan dengan membersihkan tempat ibadah, namun juga saat pelaksanaan Car Free Day (CFD). Kegiatan ini sekaligus menunjukan bahwa pariwisata NTB sudah bangkit pasca gempa beberapa waktu lalu.

Senada dengan Emil, Ernanda A. Dewobroto yang merupakan Ketua IHGMA dan AHM menegaskan bahwa hal ini merupakan semangat kebersamaan dari anggota asosiasi perhotelan yang ada untuk membersihkan destinasi wisata.

“Ini memang program rutin yang kami lakukan sejak beberapa tahun terakhir setiap menjelang Ramadhan. Selain itu IC saat ini telah menjadi ikon pariwisata halal kita, jadi tidak hanya dikunjungi kaum muslimin untuk beribadah, tapi wisatawan yang non muslim juga berkunjung untuk menikmati keindahan dan kemegahan arsitekturnya,” tegas GM Hotel Golden Palace Lombok ini.

Sri Karni Wahyuni dari Rinjani Vale, mewakili vendor-vendor hotel lain seperti, i-clean, Ecolab, Wakaka dan Mahkota laundry, Mahkota Indonesia, Cahaya Hati serta Protect, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan acara yang sering dilakukan secara bersama.

“Ini merupakan acara sosial yang sering dilakukan pihak hotel, jadi kami sebagai vendor ikut mendukung apapun kegiatannya,” katanya.

Menurut panitia, personil yang terlibat mencapai 240 orang dari 42 hotel yang berpartisipasi. Peserta yang hadir untuk membersihkan seluruh kawasan Masjid Hubbul Wathan IC dari basement, parkiran, toilet, tempat wudhu dan juga karpet di dalam masjid. (LI/AA)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com