Mataram, LombokInsider.com – Setelah sukses pada penyelenggaraan Lombok Travel Mart (LTM) 1-3, DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB, sebagai panitia penyelenggara kembali akan melaksanakan LTM-4 pada 24-26 Maret di Gili Air, Kabupaten Lombok Utara. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD ASPPI NTB, Jagat N Wirajagat pada Jumpa Pers Lombok Travel Mart 4, di Golden Palace Hotel, Mataram, Senin (20/3).

INDAH. Hotel Ombak Paradise, akan Menjadi Venue Utama Penyelenggaraan LTM-4, di Gili Air pada (24-26/3).

LTM-4 Dibuka Menpar

“Kegiatan LTM ini merupakan salah satu upaya kami sebagai pelaku pariwisata untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Lombok dan Sumbawa. Selain itu dampak dari kegiatan ini dari tahun ketahun naik cukup signifikan,” kata Jagat. Menurut Jagat indikator keberhasilannya adalah selalu meningkatnya nilai transaksi setiap tahunnya. “Kabar gembiranya LTM-4 ini akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, yang sudah dipastikan datang berdasarkan konfirmasi dari pihak kementrian.

Kenaikan nilai transaksi disetiap pelaksanaan LTM juga sangat menggembirakan. “Dari catatan ASPPI, LTM-1 mendapatkan 150 buyer dengan nilai transaksi mencapai Rp30 M, sedangkan LTM-2 mendapatkan 200 buyer dengan nilai Rp40 M dan LTM-3 terdapat 225 buyer dengan transaksi hingga Rp45 M, serta untuk LTM-4 ini, diharapkan buyer hingga hari terakhir pendaftaran dapat mencapai 254 dengan 35 seller yang ikut, serta nilai transaksi bisa mencapai Rp50 M lebih,” ungkapnya.

Jagat menambahkan bahwa nantinya para peserta atau buyer yang datang akan disambut di Lombok International Airport (LIA) pada (24/3), yang kemudian akan melakukan registrasi di D’Praya Hotel. Kemudian para peserta akan diantar langsung menuju Gili Air dan menginap di Ombak Paradise Hotel. Malamnya LTM-4 akan dibuka oleh Menpar Arief Yahya, yang juga menginap di hotel yang sama.

JUMPA PERS. Puluhan Wartawan dan Anggota ASPPI NTB Menghadiri Jumpa Pers Pelaksanaan LTM-4.

Kegiatan Selama LTM-4

Sedangkan pada (25/3), acara akan berlanjut dengan table top, dimana seller yang berjumlah 35 akan bertemu langsung dengan buyer yang selain datang dari dalam negeri juga terdapat buyer dari luar yang sudah konfirmasi datang. “Buyer-buyer yang datang dari luar negeri sebanyak 10 dari Australia, 10 India, 19 Singapura dan 10 lainnya dari Malaysia,” jelas Jagat yang pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif pada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB ini.

Sementara itu pada (26/3) para peserta akan diajak tour ke Gili Trawangan, Air Terjun dan juga KEK Mandalika. Disetiap pelaksanaannya dari LTM 1-3 selalu menyajikan inovasi baru, dimana sertiap peserta yang datang diajak mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di Lombok. Sehingga mereka dapat melihat langsung paket-paket wisata yang akan mereka pasarkan di negaranya masing-masing.

Pelaku pariwisata yang ikut serta pada LTM-4 ini terdiri dari anggota aktif ASPPI maupun tidak, biro perjalanan wisata, hotel, restoran dan lainnya. Jagat juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan LTM yang keempat ini. Dukungan datang dari Kemenpar, Dispar NTB dan juga pelaku pariwisata yang ada di NTB. “Seluruh potensi wisata yang ada di NTB akan kami tawarkan kepada para buyer, baik paket wisata halal maupun konvensional,” pungkas Jagat Wirajagat kepada para wartawan. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com