Mataram, LombokInsider.com – Ramadhan memang bulan penuh berkah, ini terbukti dengan banyaknya muncul pedagang ta’jil di kiri-kanan jalan, hampir di seluruh jalan di Kota Mataram. Bicara ta’jil atau menu berbuka puasa, sejak awal Ramadhan di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center (IC) menyediakan 500 Ta’jil setiap harinya. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang yang ingin berbuka disana, menikmati buka puasa bersama dan khusuknya sholat maghrib berjamaah, dilanjutkan sholat Tarawih dengan Imam dari negara Timur Tengah.

“Ada sekitar 500 ta’jil disiapkan pihak masjid, ini merupakan sumbangan dari para pelaku industri pariwisata seperti hotel-hotel dan juga perbankan syariah,” kata HL. Moh Faozal, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, sebagai penanggung jawab even Pesona Khazanah Ramadhan yang berlangsung di IC.

“Keberkahannya memang sangat terasa bulan Ramadhan ini, selain ikut berpartisipasi berbagi keuntungan dengan sesama selama Ramadhan, industri pariwisata juga berkomitmen ikut mensukseskan Pesona Khazanah Ramadhan ini,” lanjut Kadispar NTB ini. Pesona Khazanah Ramadhan akan berlangsung sebulan penuh, selama bulan puasa.

Menurut Faozal, yang menjadi daya tarik dari Pesona Khazanah Ramadhan ini adalah Sholat Tarawih yang diimami para Syeikh dari Timur Tengah. Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center sebagai pusat pelaksanaannya juga menjadi syiar Islam itu sendiri, karena IC telah menjadi ikon Destinasi Wisata Halal yang ada di Kota Mataram, Lombok, NTB, yang merupakan kebanggaan bersama milik masyarakat.

Selama sebulan penuh berbagai kegiatan memang dipusatkan di IC, menjadi daya tarik tersendiri baik bagi masyarakat NTB, maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Lombok dan yang akan datang berkunjung selama bulan puasa ini.

“Selain kegiatan ibadah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat NTB, maka kegiatan lain seperti pameran dan bazaar berisi, Kuliner Halal dan Industri e-kraf, Pameran Buku Islam, Busana Muslim, Foto NTB, Handicraft, Seni Budaya Islam serta Tour & Travel,” jelas Faozal.

Aneka Lomba juga akan dilaksanakan meliputi, Lomba Vlog, Blog, Fotografi, Kaligrafi Pantun Islami dan Pemilihan Da’i Remaja. Kemudian acara akan dirangkai dengan Talkshow tentang Wisata Halal, Peningkatan Ekonomi Daerah, Hijab Tutorial dan Bedah Buku. Kegiatan sosial juga akan mewarnai Pesona Khazanah Ramadhan seperti Buka Puasa bersama 1000 anak yatim yang akan berlangsung sepanjang bulan suci, juga akan ada layanan kesehatan gratis bagi masyarkat yang kurang mampu.

Sementara untuk hiburan akan menampilkan fashion show, pentas seni budaya, musik religi dan takbir 1000 cahaya saat malam takbir di akhir Ramadhan. Itulah seluruh rangkaian kegiatan yang akan dihadirkan untuk mengisi even Pesona Khazanah Ramadhan 1438 H. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com