Mataram, LombokInsider.com – Saat ini pariwisata menjadi daya tarik utama di Provinsi NTB. Pemerintah NTB, dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) juga terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan peningkatan fasilitas yang ada di destinasi wisata, juga berpromosi baik di lokal, regional bahkan hingga ke mancanegara dengan dukungan dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI dan juga pihak industri pariwisata yang ada di NTB. LombokInsider.com coba merangkum 5 destinasi wisata yang menarik yang wajib untuk dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke NTB, karena kalau sampai terlewat sangat disayangkan.

PANTAI PINK. Keindahan Alam Pulau Lombok Sangat Potensial untuk Pengembangan Pariwisata.

Destinasi Wisata Pantai

Letak Geografis kedua pulau yakni Lombok dan Sumbawa yang dikelilingi lautan menyebabkan hampir seluruh kawasan di Barat, Timur, Utara dan Selatan NTB terdapat pantai yang indah dengan struktur pasir yang lembut, teluk atau tanjung yang sangat khas dengan keindahannya. Sebut saja Pantai Senggigi yang sudah sangat mendunia namanya, masuk wilayah Lombok Barat, selain itu ada juga Pantai Sekotong, Belongas dan lainnya. Kemudian Pantai Nipah dan Sire di bagian Utara Lombok, Tiga Gili juga berada pada wilayah Utara, Pantai Kute, Selong Belanak, Tanjung Aan di Lombok Tengah, Pantai Pink, Tanjung Beloam dan Ringgit di wilayah Timur Lombok. Belum lagi di wilayah Sumbawa Barat, seperti Pantai Maluk, Sekongkang, Benete, Aik Kangkung, serta di Sumbawa seperti Pantai Tanjung Pasir, Ai Manis, Kencana dan masih banyak lagi jika harus disebutkan satu-persatu.

INDAH. Air Terjun Benang Setokel di Lombok Tengah.

Destinasi Wisata Air Terjun

Selain pantai, yang tak kalah menariknya yakni obyek wisata air terjun yang jumlahnya bahkan mencapai ratusan, menurut seorang traveler yang khusus mendatangi air terjun baik yang ada di Sumbawa maupun Lombok. Air terjun Sendang Gile misalnya sejak 1990an telah terkenal, kemudian disusul oleh Air terjun Tiu Kelep, Tiu Teja, Gangga, Torean di Utara Lombok, Air terjun Sajang, Jeruk Manis, Ulem-ulem, Otak Kokok, Mangku Sakti di Lotim, Benang Setokel, Benang Kelambu di Loteng, Air terjun Segenter, Narmada Lombok Barat. Sementara di Sumbawa ada Air Terjun Agal, Mata Jitu, Ai Beling, Sumbawa Barat punya Air Terjun Semporon Tangkil, Air Terjun Kalela, Air Terjun Ai Koa dan Air Terjun Janup. Untuk menjumpai air terjun biasanya jalan yang ditempuh memang tidak semudah jika mencari pantai, namun sensai perjalanan akan terbayar dengan segala keindahan dan kesejukan air terjun tersebut.

LEBAR. Gunung Tambora, di Pulau Sumbawa dengan Kaldera yang Menganga Akibat Letusan pada 1815. (foto internet)

Destinasi Wisata Gunung dan Lembah

Untuk destinasi yang satu ini NTB memiliki dua gunung yakni Rinjani di Pulau Lombok dan Tambora di Pulai Sumbawa. Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 M dpl, sejak 1847 telah terjadi 7 kali, yang uniknya gunung ini memiliki anak yang disebut Barujari yang terletak ditengah Danau Segara Anak, bahkan Barujari termasuk gunung baru yang cukup aktif tercatat telah meletus beberapa kali. Sementara dikaki Rinjani terdapat sebuah lembah yang indah dan sejuk dengan pemandangan yang memukau, dialah Lembah Sembalun yang sangat terkenal. Sementara di Sumbawa ada Gunung Tambora, siapa yang tidak mengenalnya akibat letusan dasyatnya yang terjadi pada 1815, mengakibatkan sekitar 92.000 korban jiwa, kemudian satu tahun ber

AMAZING. Keindahan Bawah Laut di Gili Kondo. (foto agushoe)

ikutnya yang sering disebut sebagai tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini. Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Belahan Utara yang menyebabkan terjadinya kelaparan terburuk pada abad ke-19. Dengan tinggi sebelum meletus mencapai 4300 m, membuatnya pernah menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, terletak di dua Kabupaten Bima dan Dompu NTB. Bagi yang hobi jalan-jalan dan berpetualang pasti tidak akan melewatkannya begitu saja untuk dapat mendaki gunung tersebut.

Destinasi Wisata Bawah Air

Lombok dan Sumbawa juga sangat terkenal dengan pulau-pulau kecil yang disekitarnya sering menjadi spot snorkeling dan diving karena keindahan terumbu karang dan juga ikan-ikan hias kecil dibawah laut. Tiga gili di Utara Lombok Air, Meno dan Trawangan sudah sangat mendunia, ditambah lagi dengan belasan gili di wilayah barat bagian selatan seperti Sudak, Nanggu, Tangkong, Kedis dan lainnya. Untuk Sumbawa ada Pulau Moyo, Kenawa, Gili Keramat dan Bedil, Takebo serta Panjang.

IKON WISATA. Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Menjadi Ikon Wisata Religi di NTB.

Destinasi Wisata Seni, Budaya dan Religi

Selain destinasi yang telah disebut diatas, Seni dan Budaya serta Religi juga merupakan hal yang sangat menarik bagi wisatawan untuk mengetahuinya dan NTB sangat terkenal akan hal itu. Berbagai seni dan budaya di Lombok, seperti Gendang Beleq, Cilokaq, Peresean, Tari Gandrung dan juga para pelukis yang banyak dimiliki NTB yang hasil karyanya banyak dipamerkan di Taman Budaya Mataram. Demikian juga dengan Sumbawa, yakni Tari Sarembang Baguba, Samawa Baguba, Nguri, Permainan Karaci, Barapan Kebo dan lainnya.

Sementara untuk wisata religi, Lombok yang terkenal dengan julukan Pulau 1000 Masjid, karena memiliki 4.500 masjid di 598 desa dan kelurahan di Pulau Lombok. Indahnya arsitektur bangunan masjid menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmatinya. Salah satu masjid terbesar dan terindah saat ini yakni Hubbul Wathan, atau dikenal dengan Islamic Center menjadi ikon baru wisata religi di Lombok. Demikian juga dengan tempat ibadah agama Hindu seperti Pura Lingsar, Meru, Taman Narmada, Mayura dan Suranadi yang merupakan destinasi wisata religi bagi umat Hindu dan wisatawan lainnya yang berkunjung ke NTB.

Nah tunggu apa lagi, jangan tunda perjalanan wisata anda ke Lombok-Sumbawa untuk menikmati keindahannya, apalagi pada Februari ini ada diskon besar menunggu wisatan lewat program Lombok-Sumbawa Great Sale, dimana wisatawan akan dimanja dengan diskon maskapai penerbangan, hotel, biro perjalanan wisata, tempat belanja, wahana bermain dan lain-lain.  (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com