Mataram, LombokInsider.com – Masuk dalam 100 Kalender Even Wonderful Indonesia Festival Pesona Tambora kembali akan digelar Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata. Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada 11 April di kaki Gunung Tambora, Ndoro Ncanga, Kabupaten Dompu, NTB.

“Akan ada 27 rangkaian kegiatan yang akan didukung seluruh kabupaten dan kota yang ada di Pulau Sumbawa, rencananya akan kita mulai sejak akhir Maret,” ujar Faozal usai Rapat Koordinasi Festival Pesona Tambora 2019 di Mataram, NTB, Rabu (20/3).

Rangkaian kegiatan tersebut antara lain, dimulai dengan “Semalam Dalam Loka” pada 2-3 April (Sumbawa), kemudian pada 6-7 April akan digelar “Mantar Festival” (KSB), “Lawata Festival” 6-8 April di Kota Bima, “Teka Tambora” 7-11 April di Kabupaten Bima.

Selain itu ada “Festival Geopark Tambora I, 8-11 April di Bima dan Dompu, “Lanud ZAM Tambora Golf Tournament” di GEC Rinjani Golf & Lombok Golf Kosaido Country. “Tambora Color Run” di kantor Bupati Dompu dan puncak acara “Festival Pesona Tambora” 11 April di Ndoro Ncanga, “Taman Nasional Gunung Tambora 2-30 April di Gunung Tambora, “Pacuan Kuda” di Dompu.

Menurutnya, Festival Pesona Tambora 2019 secara resmi akan diluncurkan pada 25 Maret mendatang di Jakarta. Faozal berharap penyelenggaraan Festival Pesona Tambora 2019 akan semakin memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Pulau Sumbawa.

Sejak pertama kali digelar pada 2015 saat Tambora Menyapa Dunia, kata Faozal, tren kunjungan wisatawan ke acara Festival Pesona Tambora maupun melakukan pendakian di Gunung Tambora terus mengalami peningkatan.

“Pergerakan wisatawan dari tahun ke tahun ke Tambora meningkat 30 sampai 40 persen. Tahun kemarin kita catat ada 1.700 pendaki yang naik ke Gunung Tambora. Kegiatan tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-5,” kata Faozal.

NTB juga akan kembali menggelar ajang lari marathon, Tambora Challenge 2019, pada 1 hingga 4 Mei 2019. Ajang lari lintas Pulau Sumbawa sejauh 320 kilometer dari Pototano di Kabupaten Sumbawa Barat dan berakhir di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, menjadi salah satu daya tarik bagi para pelari internasional.

“Pelari yang terdaftar sampai saat ini 75 pelari, hanya lima yang kita daftarkan pelari NTB, sisanya dari luar NTB dan luar negeri. Antusiasnya sangat tinggi dan pendaftaran sudah ditutup karena kuota sudah penuh,” ucap Faozal. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com